Penjelasan Teknis Pemilihan Guru Dikmen dan Diksus Berprestasi dan Berdedikasi Tingkat Nasional 2019: Agar Kegiatan Berjalan Lancar

admin Berita Leave a Comment

Suasaa antre saat peserta mengikuti alur registrasi yang salah satunya adalah pembuatan tanda nama langsung jadi.

Antrean peserta pemilihan guru dikmen dan diksus berprestasi dan berdedikasi tingkat nasional terlihat di lantai 1 Hotel Atlet Century. Mereka harus sabar menunggu mengikuti alur registrasi dengan mendatangi panitia sesuai jenis lomba yang akan diikuti.  Tumpukan berkas diserahka kepada panitia, mulai portofolio, karya tulis ilmiah, video profil untuk guru berdedikasi, video inovasi pembelajaran untuk guru berprestasi dan lain sebagainya. Melihat berkas portofolio yang diserahkan, sangat beragam ada yang terlihat minimalis dan biasa saja, akan tetapi ada juga yang sangat tebal sekitar 25 cm.
Saaat registrasi berlangsung, sejatinya wajah-wajah peserta terlihat letik setelah menempuh perjalanan panjang dari tempat tinggal di daerah menuju Jakarta. Namun segenap panitia melayani mereka dengan penuh keramahan dan santun, bahkan tak jarang panitia bernada canda hingga suasana menjadi fresh.

Dr. Kadarisman saat menyampaikan penjelasan teknis bagi peserta pemiliha guru dikme dan diksus berprestasi dan berdedikasi tingkat nasioal 2019

Agenda hari pertama adalah penjelasan teknis di sampaikan oleh Kasubdit Kesejahteraan, Penghargaan dan Perlindungan, Dr. Kadarisman. Sebelumnya Kadarisman menjabarkan tujuan dari diselenggarakannya pemiliha guru dikmen dan diksus beprestasi dan berdedikasi tingkat nasional tahun 2019 ini. “Kegiatan ini bertujuan untuk memilih guru SMA dan SMK berprestasi, memilih guru dikmen berdedikasi, memilih guru pendidikan inklusi, serta memilih hasil lomba kreativitas guru pendidikan khusus mulai SDLB, SMPLB, dan SMALB. Seleksi nasional ini juga dalam rangka memotivasi peserta lomba menunjukkan prestasi, kinerja, dan dedikasi untuk terus bekerja secara maksimal bagi kemajuan pendidikan,” terang Kadarisman.
Tujuan lainnya adalah kegiatan ini juga menjadi wujud peningktan profesionalisme guru dalam pelaksanaan tugas profesional. “Juga diharapkan mampu membangun komitmen guru utuk meningkatkan mutu pendidikan secara lebih merata,” lanjutnya.

Antusian peserta menanyakan hal yang baginya belum jelas saat penjelasan teknis berlangsung

Selanjutnya, Kadarisman menyampaikan penjelasan teknis berkaitan dengan lomba serta jadwal kegiatan yang wajib diikuti peserta. Penjelasan teknis ini cukup menarik, terbukti banyak peserta yang bertanya sebelum penilaian berlangsung. Ada yang menanyakan ketersediannya laptop unuk presentasi, apakah peserta membawa sendiri atau disiapkan dari panitia. Ternyata harus menggunakan laptop peserta. Ada juga yang menanyakan bobot penilaian, dan lain sebagainya. Penjelasan teknis ini disampaikan Kadarisman dengan sangat detail dan terperinci. “Kenapa menggunakan laptop masing-masing, karena kami ingin menjaga dari hal yang kurang baik yang bisa menghambat jalannya kegiatan ini. Jika satu laptop untuk semua, ada kemungkinan keluar masuknya flashdisk menularkan virus ke laptop yang digunakan. Jika ini terjadi maka akan sangat menghambat,” jelas Kadarisman.
Saat dirasa tak ada lagi yang harus dipertanyakan, Kadarisman menutup sesi penjelasan teknis tersebut dan meminta peserta untuk istirahat dan bisa mengikuti kegiatan sesuai jadwal yang telah diberikan kepada tiap peserta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *