Pengarahan Dirjen GTK Pada Rapat Koordinasi dan Sinkronisasi Program PPG Dalam Jabatan, Makassar 2018

admin Berita Leave a Comment

Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Salam sejahtera untuk kita semua,
Yang saya hormati,
Direktur Pembinaan Guru Pendidikan Dasar, Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan;

  • Direktur Pembinaan Guru dan Tenaga Kependidikan PAUD dan Dikmas
  • Pejabat Eselon dilingkungan Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan;
  • Narasumber Kegiatan Rapat Koordinasi Pendidikan Profesi Guru (PPG) Dalam Jabatan;
  • Peserta Rapat Koordinasi Pendidikan Profesi Guru (PPG) Dalam Jabatan.

Puji dan syukur kita panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Kuasa, karena berkat rahmat dan karunia-Nya, kita dapat bertemu di tempat ini dalam rangka Kegiatan Rapat Koordinasi Pendidikan Profesi Guru (PPG) Dalam Jabatan.

Bapak/Ibu/Saudara yang kami hormati,
Program Pendidikan Profesi (PPG) Guru Dalam Jabatan terdiri dari beberapa tahap yang dimulai dengan seleksi akademik dan administrasi. Bagi guru yang lulus seleksi tersebut maka akan mengikuti Program PPG yang diselenggarakan di Perguruan Tinggi Penyelenggara PPG yang telah ditunjuk oleh Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi.

Seleksi akademik PPG Dalam Jabatan telah dilaksanakan pada tahun 2017 dan tahun 2018 sebagaimana yang telah disampaikan. Sebanyak 20.864 guru telah mengikuti PPG Dalam Jabatan pada tahun 2018 ini dengan sumber pembiayaan berasal dari  Pemerintah Pusat bersama 4 (empat) Pemerintah Daerah. Pemerintah Pusat melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah membiayai 20.000 orang dan dari Pemerintah Daerah berjumlah 864 orang (dari Provinsi Aceh 200 orang, Provinsi Jawa Barat 650 orang, Kabupaten Merauke 14 orang).

Biaya yang ditanggung oleh Pemerintah yaitu biaya pendidikan PPG sebesar Rp7.500.000. Sementara itu biaya pribadi (meliputi transportasi, akomodasi, konsumsi, dan biaya pribadi lainnya) menjadi tanggung jawab guru yang bersangkutan, kecuali bagi guru daerah khusus untuk 14 mata pelajaran dan guru yang mengikuti Program Keahlian Ganda akan mendapat bantuan biaya hidup dari Pemerintah Pusat.

PPG Dalam Jabatan Moda Daring telah dimulai tanggal 31 Mei dan akan berakhir pada tanggal 18 Agustus 2018, dengan jumlah guru yang mengikuti PPG  Dalam  Jabatan  Angkatan I sebanyak 6775 orang pada 38 perguruan tinggi dengan 15 bidang studi.

PPG Dalam Jabatan angkatan II untuk 47 bidang studi dengan jumlah peserta 13.225 orang yang dimulai pada tanggal 9 Juli dan PPG untuk Guru Daerah Khusus yang dimulai pada tanggal 1 September 2018.

Terkait dengan pelaksanaan PPG Guru dalam Jabatan tersebut, ada beberapa hal yang perlu ditindaklanjuti oleh dinas pendidikan provinsi/kab/kota.

  1. Agar proses sertifikasi guru dapat berjalan dengan lebih cepat, kami harapkan agar pada tahun 2019 Dinas Pendidikan Provinsi maupun Kabupaten/Kota atas persetujuan Bappeda dapat mengalokasikan dana sharing pelaksanaan PPG sebesar jumlah guru yang lulus seleksi.
  2. Dinas Pendidikan agar memberikan ijin kepada guru yang mengikuti PPG dan mencarikan solusi bagi sekolah-sekolah yang ditinggal oleh guru tersebut selama mengikuti PPG sehingga kegiatan belajar mengajar di sekolah yang ditinggalkan tetap berjalan dengan baik.
  3. Dinas Pendidikan mempersiapkan guru-guru yang akan mengikuti PPG dengan mengadakan program pembekalan dengan harapan guru-guru tersebut memiliki persiapan yang matang dalam mengikuti PPG sehingga dapat lulus Uji Kompetensi Mahasiswa PPG (UKMPPG) yang dilaksanakan pada akhir penyelenggaraan PPG.
  4. Dinas Pendidikan memberikan pembekalan, kususnya bagi guru-guru yang tidak lulus seleksi pada tahun ini agar dapat menghadapi seleksi akademik sehingga dapat lulus pada seleksi yang akan dilaksanakan pada tahun yang akan datang.

Akhirnya kami ucapkan selamat mengikuti kegiatan ini sampai selesai. Terima kasih.

Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *