Pemilihan Guru Dikmen dan Diksus Berprestasi dan Berdedikasi Tingkat Nasional 2019: Siaga Peserta di Gedung Bertingkat

admin Berita Leave a Comment


Hotel Atlet Century Jakarta

Ada yang tak biasa di forum pemilihan guru dikmen dan diksus berprestasi dan berdedikasi tahun 2019. Panitia melakukan terobosan dengan mengajak seluruh peserta untuk siaga jika terjadi bencana khususnya di gedung bertingkat. Siapapun orangnya tak ada yang berharap bencana datang menimpa. Akan tetapi memiliki kesiapsiagaan terhadap bencana adalah keharusan bagi semua masyarakat. Demikian juga bagi peserta pemilihan guru berprestasi dan berdedikasi tingkat nasioal tahun 2019 diharapkan siaga jika bencana datang tiba-tiba. Apalagi dalam beberapa waktu belakangan, Indonesia kerap digoyang gempa bumi.

Ahmad Fadila

Kesiapsiagaan bencana ini disampaikan oleh Ahmad Fadila, staf Subdit Perencanaan dan Pengendalian Kebutuhan Guru Dikmen dan Diksus. Lelaki yang akrab disapa Fadil ini juga tercatat sebagai Seknas Sekretariat Nasional Tanggap Bencana di Sektor Pendidikan. Fadil yang pecinta alam itu menjdi salah satu andalan Kemendikbud untuk datang k lokasi di mana bencana melanda.
Untuk peserta guru dikmen berprestasi dan berdedikasi tingkat nasional 2019 yang bertempat di hotel Atlet Century, Fadil mengintakan kepada seluruh peserta untuk memperhatikan hotel yang ditempati tersebut.” Bahkan dimanapun bapak ibu berada, terutama jika berada dalam gedung bertingkat pertama harus bertanya dulu kepada pihak hotel, dimana tangga darurat berada. Karena jika terjadi gempa sewaktu-waktu bapak ibu jangan turun menggunakan lift, tapi gunakan tangga darurat, kecuali yang sudah terjebak di dalamnya,” ujar Fadil.
Seluruh peserta juga wajib tahu dimana titik kumpul berada. “Di semua tempat biasanya disediakan tempat bertemu yang diberi nama titik kumpul. Itu adalah tempat untuk berkumpul jika bencana terjadi. Untuk di Hotel Atlet Century, titik kumpul berada di bagian belakang hotel di area parkir sebelah kiri terdapat tulisan Assembly Point. Jika tiba-tiba ada bencana, gempa, kebakaran atau apapun, bapak ibu harus segera menuju tempat tersebut, agar evakuasi berjalan lancar,” terangnya.
Fadil juga menjelaskan banyak hal terkait maket hotel Century, beberapa peraturan yang harus dipatuhi dan lain sebagainya. Seperti halnya beberapa benda yang ada di setiap kamar. Terdapat benda-benda di kamar yang sangat sensitif terhadap asap. Jika kedapatan ada peserta merokok di kamar alat tersebut akan langsung berbunyi.  Konsekuensinya akan kena denda. Bahkan orang yang bersembahyang menggunakan dupa pun akan mendapatkan perlakuan yang sama. “Jadi benda-benda itu bukanlah aksesoris kamar, tetapi itu merupakan alat deteksi jika terjadi hal-hal yang sekiranya mengganggu,” jelasnya.***

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *