Olimpiade Guru Nasional Jenjang Pendidikan Menengah dan Pendidikan Khusus Tahun 2019

admin Berita Leave a Comment

Bertempat di Hotel Atlet Century, Jakarta, Direktorat Pembinaan Guru Pendidikan dan Pendidikan Khusus melalui Subdit Kesejahtaeraan,  Penghargaan dan Perlindungan, kembali menyelanggarakan event tahunan Olimpiade Guru Nasional (OGN) pada tanggal 29 April sampai dengan 3 Mei 2019. OGN ini adalah ajang bergengsi untuk menunjukkan prestasi guru terkait kompetensi dan profesionalitasnya. Selain sebagai sarana unjuk prestasi, OGN diselenggarakan sebagai bagian dari upaya meningkatkan mutu sumber daya manusia dalam mewujudkan pendidikan Indonesia yang mampu bersaing dalam era global, memotivasi guru dalam meningkatkan proses pembelajaran yang menarik, menyenangkan, dan mendorong peserta didik berpikir tingkat tinggi.
Peserta diharapkan dapat memanfaatkan OGN sebagai sarana pengembangan kompetensi diri melalui pengujian terhadap materi ajar yang diampunya, pengembangan bahan ajar dan/atau media pembelajaran. Tahun ini, peserta OGN adalah guru SMA/SMK/SLB yang mengampu mata pelajaran Matematika, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris. Selain itu, guru SMA/SMK yang mengampu mata pelajaran Fisika, Biologi, Ekonomi, Sosiologi, dan Bahasa Jepang, sedangkan untuk guru SLB adalah guru pengampu mata pelajaran Program Kebutuhan Khusus.


Direktur Pembinaan Guru Dikmen dan Diksus Ir. Sri Renani Pandjastuti, MPA di dampingi para kasubdit membuka sekaligus memberi pengarahan.

Proses seleksi

Pelaksanaan OGN dimulai dari proses seleksi tes yang diselenggarakan di tingkat provinsi. Guru SMA/SMK/SLB yang lulus seleksi tingkat Provinsi kemudian dipanggil untuk mengikuti seleksi tingkat Nasional. Dari masing-masing mata pelajaran, peserta yang dipanggil sebanyak 15 orang. Pada seleksi OGN nasional, peserta diwajibkan mengikuti tes wawasan kependidikan (secara daring), praktik, simulasi workshop, hasil karya tulis ilmiah/paten, gagasan ilmiah, dan presentasi gagasan yang dilanjutkan dengan wawancara atau tanya jawab. Tim juri pada proses seleksi ini melibatkan unsur-unsur dari pejabat di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Praktisi dan akademisi dari LPTK dan P4TK.
Seleksi Tingkat Nasional melibatkan peserta berjumlah adalah 135 peserta. Untuk pemenang OGN, dari 135 peserta tersebut dipilih 3 peserta terbaik masing-masing mata pelajaran. Jadi, ada sebanyak 27 (dua puluh tujuh) orang dinyatakan sebagai peserta terbaik tingkat nasional. Daftar pemenang dapat dilihat di lampiran berikut. Selamat kepada pemenang, dan untuk guru-guru lainnya, semoga bisa ikut bertanding untuk kesempatan tahun depan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *