Bimbingan Teknis Publikasi Ilmiah dan Karya Inovatif Guru SLB

admin Berita Leave a Comment

Guru memiliki tugas yang sangat strategis dalam peningkatan mutu pendidikan dan pembelajaran. Tugas guru terdiri dari mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah. Tinggi atau rendahnya mutu pendidikan dan pembelajaran sangat ditentukan oleh kemampuan guru dalam pengelolaan pembelajaran. Berkaitan dengan hal tersebut di atas, peran guru perlu selalu dioptimalkan. Salah satunya adalah melalui peningkatan kemampuan guru dan pengembangan keilmuan, terutama dalam hal penulisan Publikasi Ilmiah dan Karya Inovatif (PI & KI) seperti karya penelitian, hasil pemikiran atau gagasan sendiri, artikel ilmiah populer, dan artikel jurnal.

Sehubungan dengan hal tersebut di atas, Direktorat Pembinaan Guru Pendidikan Menengah dan Pendidikan Khusus, Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, Kemdikbud melalui Subdit Pendidikan Khusus, Pendidikan Layanan Khusus dan Satuan Pendidikan Indonesia Luar Negeri melaksanakan Bimbingan Teknis Penulisan Publikasi Ilmiah & Karya Inovatif (PIKI) bagi Guru SMA, SMK, SDLB, SMPLB, SMALB, dan SLB. Bimtek diikuti 100 peserta guru dari Guru SLB , Guru BK & TIK serta guru berprestasi bertempat di hotel Milenium pada pertengahan bulan Juni ini. Pelaksanaan bimtek diharapkan mampu (1) mendukung peningkatan kompetensi guru SMA, SMK, SDLB, SMPLB, SMALB, dan SLB sesuai dengan tuntutan standar nasional pendidikan; (2) meningkatkan wawasan dan pengetahuan guru dalam penulisan PI & KI sebagai persyaratan kenaikan pangkat dan jabatan; dan (3) meningkatan kualitas pembelajaran berdasarkan  penelitian. Materi yang disampaikan diantaranya tentang kebijakan publikasi ilmiah, pengembangan profesi berdasar Permenegpan RB no. 16 tahun 2009. Pemateri diantaranya adalah Prof. Dr. Baedhowi, Prof. Suhardjono, Prof. Djam’an Satori.

Direktur Pembinaan Guru Dikmen dan Diksus, Ir. Sri Renani Pantjastuti, MAP menyampaikan pesan dalam pembukaannya bahwa melalui bimtek ini diharapkan dapat mendukung pengembangan kompetensi dan karier guru yang berdampak positif terhadap peningkatan mutu pembelajaran secara nasional.  Kasubdit PKLK dan SPILN, Dra. Reny Yunus, MM,selaku penanggungjawab kegiatan Kasubdit, berpesan agar guru-guru, terutama guru pendidikan khusus, terus bersemangat untuk berkarya. Beliau juga menyampaikan permohonan pamit karena mendapatkan amanah baru di di Direktorat Tenaga Kependidikan, Ditjen Guru dan Tenaga Kependidikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *